Jurnal Pribadi

Jam makan siang menyisakan waktu kurang lebih 30 menit.  Dan sekedar iseng, aku browsing ke media forum online asli Indonesia, Kaskus. Salah satu usernya memposting judul yang begitu unik. Lebih jelasnya, silahkan klik disini

Dari postingan user kaskus itu, kondisi yang aku alami hampir sama dengan user kaskus ini. Ya, dari latar belakang ekonomi yang kurang kuat, ibuku seorang yang memang superwomen. Cita-cita beliau sangat sederhana, dan memang klasik, anaknya harus jadi SARJANA.

Sedikit cerita, ketika lulus SMK, Ayahku berkata aku tidak akan mendapatkan kesempatan kuliah oleh karena keadaan ekonomi keluarga tidak memungkinkan (tahun 2006). Utang dimana-mana. Jadi, saat itu Ayah mempertimbangkan jangan kuliah, dan mengarahkan untuk langsung kerja dengan memperhatikan skill yang aku punya cukup mumpuni. Namun, Ibu justru melihat hal ini keliru. Beliau menilai, “Jangan menjudge anak kita dengan perkataan seperti itu. Seakan kita sebagai orang tua tidak berusaha untuk keinginan anak kita sendiri.”.  Dan melalui semangat yang begitu luar biasa, keyakinan yang begitu tinggi dan jengah dengan kondisi ekonomi yang sangat ambruk, Ibu meyakinkan Ayah bahwa mereka mampu untuk membiayai kuliah, dan hal ini juga disambut baik oleh kesempatan yang aku peroleh, dengan bantuan sedikit beasiswa.

Hingga akhirnya aku pun menjadi sarjana. Sampai sekarang pun aku masih tidak percaya telah menjadi sarjana. Dan sedikit melihat kebelakang, jejak-jejak perjuangan yang penuh air mata, keringat dan jeritan dari kedua orang tuaku, khususnya Ibu yang tidak lelah untuk berdoa memohon petunjuk jalan yang benar dalam mengais rejeki yang benar.

Dan semoga saja, aku bisa memberikan “bunga” perjuangan dan pengorbanan yang sudah beliau berikan padaku suatu saat nanti, minimal mewujudkan seluruh mimpi-mimpi materi maupun spiritual yang sempat mereka punya.

Love Your Mom and Dad as belong with You.

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Jurnal Pribadi

  1. Ping balik: Jurnal Pribadi | damaradhi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s